Catatan Admin: Amazing Trip to Derawan Island!

dermaga pulau derawan

So Amazing

So Pretty

So Gorgeous

This is it…. The Amazing Derawan Island!

Lebay kah kalimat saya tentang kepulauan derawan tadi?  tentu tidak, karena lebih dari apa yang bisa saya gambarkan, kepulauan derawan adalah salah satu surga bawah laut terbaik di dunia. Ya! lagi-lagi surga dunia ada di Indonesia.

Derawan adalah sebuah kepulauan di provinsi Kalimantan Timur, terdiri dari beberapa pulau diantaranya  pulau derawan, pulau kakaban, pulau sangalaki  pulau maratua dan beberapa pulau kecil lainnya. Penamaan pulau-pulau tersebut konon berasal dari sebuah keluarga yang terdiri dari derawan (perawan), sangalaki (laki-laki), maratua (mertua) dan kakaban (kakak). Kekayaan ekosistem kepulauan derawan berada diurutan kedua di dunia setelah Raja Ampat, Papua.  itulah mengapa derawan juga di juluki sebagai the  2nd Raja Ampat.

sunrise dari dermaga pulau derawan

menikmati pagi di pulau derawan

melihat penyu hanya dari dermaga pulau derawan

Perairan derawan adalah rumah para penyu raksasa, maka tak heran jika hanya dari dermaga saja kita bisa melihat penyu sebesar meja  hilir mudik mencari makan. sementara pulau kakaban memiliki coral garden berbentuk wall/dinding yang luar biasa indah, belum lagi danau kakaban yang berisi ubur-ubur yang tidak menyengat, di danau itu kita serasa berenang dalam kolam cendol karena banyaknya hewan bertubuh kenyal tersebut. dan danau sejenis danau di kakaban hanya terdapat 2 di dunia. Sedangkan di pulau Sangalaki kita bisa bertemu dengan manta raksasa yang memiliki lebar hingga 5 meter. dan di pulau maratua kita bisa bertemu dengan schooling ikan2 besar seperti baracuda bahkan hiu karpet atau wabegong sekalipun.

perairan pulau kakaban

dermaga pulau kakaban

ada beberapa jalur yang bisa gunakan untuk mencapai kepulauan derawan, salah satunya via tarakan. perjalanan dari jakarta menuju tarakan dilakukan dengan penerbangan yang dilayani beberapa maskapai diantaranya lion air, sriwijaya atau garuda. baik penerbangan langsung ataupun transit di balikpapan, perjalanan dari jakarta – tarakan membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam (dengan transit dan perbedaan wilayah waktu). setelah sampai di bandara tarakan perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan melundung (tarakan) selama 15 menit. dari pelabuhan ini kita bisa mencapai kepulauan derawan dengan kapal reguler yang memakan waktu lebih dari 5 jam atau kapal cepat carter yang hanya membutuhkan waktu 3 jam saja.

Pantai di pulau sangalaki, biasa menjadi tempat penyu bertelur

Maratua paradise ressort

idealnya, trip ke kepulauan derawan membutuhkan waktu minimal 4 hari 3 malam karena jauhnya perjalanan. namun ketika sampai di sana, rasanya waktu satu bulanpun terasa kurang untuk menikmati setiap jengkal keindahan alam gugusan pulaunya. Biasanya, para wisatawan menjadikan pulau derawan sebagai basecamp / tempat menginap untuk kemudian melakukan hopping island ke pulau kakaban, pulau sangalaki dan pulau maratua. hal ini disebabkan karena hanya pulau derawan yang memiliki banyak penginapan dari kelas ressort maupun homestay. sementara di pulau maratua hanya terdapat satu penginapan mewah yaitu maratua paradise ressort. dimana tarif perorangnya mencapai Rp. 500.000/org/malam. sedangkan pulau kakaban dan pulau sangalaki adalah pulau tidak berpenduduk.

untuk fasilitas wisata pendukung, memang pulau derawan lah tempatnya. terdapat beberapa tempat penyewaan alat snorkeling, dive gear, watersport (banana boat dan kano), kapal keliling pulau-pulau bahkan paket wisata. harganya pun relatif  bersahabat, harga sewa satu paket alat snorkeling/hari berkisar Rp. 5o.ooo, diving (with liscence – seluruh pulau) Rp. 250.000 / dive, diving (non-lisvence, hanya di pulau derawan) Rp. 450 – 500.000 / dive, banana boat Rp. 35.000 dan lain-lain.

Kerajaan nemo, underwater derawan

Sponge, underwater derawan

little fish, underwater derawan

namun perlu diketahui, selain pulau derawan, perairan pulau lain seperti kakaban, sangalaki dan maratua memiliki perairan berarus deras. sangat disarankan untuk menggunakan fin/kaki katak dan pelampung dan dengan pengawasan guide saat bersenorkeling. saya misalnya, saking asiknya menikmati keindahan coral garden di perairan pulau maratua tak terasa badan saya sudah terbawa sangat jauh dari kapal dan rasanya sulit sekali untuk mendekati kapal karena arus yang deras dan saya tidak menggunakan fin, sehingga kayuhan kaki terasa sia-sia karena tidak membawa saya kemana-mana. dan kejadian serupa terjadi lagi ketika saya bersenorkeling di coral garden pulau kakaban hingga saya harus dievakuasi agar tidak semakin jauh terbawa arus hingga ke tengah laut.

lain halnya jika kita snorkeling / berenang di danau ubur-ubur di pulau kakaban. kita tidak disarankan menggunakan fin. karena rentannya tubuh hewan kenyal tersebut, hentakan fin akan membelah tubuh ubur-ubur hingga terpisah dengan tentakelnya. untuk berenang di danau ini pun sebaiknya diagendakan sebagai kegiatan pertama sebelum snorkeling di laut. karena dikhawatirkan ada hewan yang menempel di pakaian setelah snorkeling dan berpotensi menjadi predator bagi ubur-ubur. dengan demikian, habitat alami ubur-ubur tersebut tetap terjaga.

sea fan, underwater derawan

nemo, underwater derawan

dive at derawan

berbicara mengenai keindahan bawah laut kepulauan derawan, rasanya tidak perlu berpanjang lebar.  cukup satu kata, AMAZING!!!. jernihnya air laut kepulauan derawan memiliki visibility hingga 50 meter diisi dengan berbagai jenis ikan  berbagai ukuran dan warna yang beragam, soft – hard coral, dan hewan lain seperti bintang laut, kima (kerang jini oh jinnie), nudie branch (siput laut), penyu. ketika snorkeling hanya di bawah dermaga sekalipun, kita akan menemui ribuan ikan, berbagai jenis bintang laut, lion fish bahkan kima. Keberadaan kima sendiri  bisa dijadikan sebuah parameter seberapa sehat ekosistem perairan tersebut. semakin besar kima yang hidup, maka semakin sehat ekosistem perairan nya. Dan, betapa tercengangnya saya ketika menemukan kima sebesar meja makan ketika bersenorkeling hanya di bawah dermaga. Bisa disimpulkan, betapa sehatnya ekosistem di perairan derawan.

tidak hanya keindahan bawah laut, kepulauan derawan juga memiliki pesona lain. diantaranya pantai pasir putih yang luas di pulau sangalaki dan pulau derawan, pada malam-malam tertentu pantai ini biasa dijadikan tempat penyu bertelur. selain itu, aja juga pulau gusung / pulau pasir di tengah laut. dimana pulau tersebut hanya muncul pasa saat air laut surut. bentuknya yang memanjang membuat pulau gusung seolah membelah lautan biru di kedua sisinya. hunting sunset dan sunrise pun menjadi pesona tersendiri di pulau derawan, banyak dermaga membuat wisatawan memiliki beberapa spot pilihan untuk menikmati keindahan matahari terbit maupun tenggelam ditemani penyu-penyu yang berkeliaran dengan bebas.

pulau gusung, kepulauan derawan

schooling fish baracuda.

danau kakaban, habitat ubur-ubur tanpa sengat.

ubur-ubur tanpa sengat.

itulah sedikit cerita admin tentang derawan,

Untuk Informasi Tour Derawan silahkan hubungi Traven Agent kami.

Salam Hangat,

Adventure Tour and Travel

3 thoughts on “Catatan Admin: Amazing Trip to Derawan Island!

  1. waaw.. really amazing.. rencana sama kawan kawan september kesana.
    banjarmasin-derawan via apa aj nih? kasih info dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s