Pangeran Williams pun Sambangi Surga Menyelam Maratua


 

Judul di atas bukan mengada-ada.  Menurut  beberapa sumber berita terpercaya, Pangeran William pernah rela menghabiskan waktunya selama 2 minggu tinggal di pulau Maratua.  Pulau yang terletak di ujung nusantara ini memberikan sensasi eksotis yang tidak terkira, terutama di alam bawah lautnya. Satu kata yang tepat untuk pulau ini adalah Surga. Seperti cerita ‘Little Mermaid’ atau ‘Finding Nemo’, Anda kalau sudah di pulau Maratua bisa menjadi bintang utamanya saat itu juga.  Bagaimana tidak, hanya di sini Anda bisa menyelam lautan jernih ditemani bersama ikan-ikan besar bahkan penyu besar. Belum lagi sensasi luar biasa bisa terjun bebas ke laut sesering yang Anda mau dari bungalow tempat Anda menginap.

Selain 3 alasan utama untuk mengunjungi Balikpapan, pantai ini merupakan alasan utama tambahan wisatawan berlibur ke kota ini. Yang istimewa dengan pulau ini adalah, arus derasnya yang berada di sekitar pulau menarik  rombongan ikan besar mencari mangsa makanannya, seperti rombongan ikan barakuda, maya, eagle ray raksasa, kakap, tuna kuwe, dan tak ketinggalan berbagai jenis hiu dari sirip hitam, sirip putih, sampai hiu kepala martir.  Pemandangan rombongan ikan besar-besar ini yang jarang di temui di pesona bawah laut yang lain.  Lainnya, mata Anda akan dimanja dengan hamparan biru laut dan pasir putih yang megah. Air yang jernih bak cermin memantulkan pemandangan warna-warni  jutaan koral dan ribuan ikan beraneka warna yang bertebaran.

Tidak sampai di situ. Ada momen terbaik yang harus Anda simpan di sore hari. Karena pada saat matahari terbenam,  jutaan semburat cahaya warna warni terbentang luas di sepanjang pantai seperti melihat lukisan tangan Sang Pencipta Alam. Saat momen itu tiba, Anda tak perlu bingung mencari spot yang indah mengabadikan suasana,  karena dimanapun Anda beraksi, pasti hasilnya, sempurna.

Bagaimana Cara Ke Maratua?

Maratua berada di kawasan Kepulauan Darawan Kalimantan Timur, di laut Sulawesi dan berbatasan langsung dengan Negeri Jiran. Bukan sebuah pulau yang mudah untuk dijangkau, tetapi kalau ada kemauan, Anda pasti bisa sampai ke sana. Caranya, Anda pergilah ke Balikpapan, yang memiliki pantai dengan keindahaan hampir serupa yakni Pantai Manggar Segarsari. Dari sana, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan pesawat kecil selama satu setengah jam ke Tanjung Redep.  Dari sini dilanjutkan perjalanan darat menuju Tanjung Batu. Kemudian perjalanan berlanjut dengan menggunakan kapal cepat yang biasanya disediakan oleh pengelola resort selama kurang lebih 4 jam. Sebaiknya merencanakan perjalanan dengan matang, karena penerbangan menuju Berau hanya ada satu kali dalam sehari, jika Anda tidak sesuai jadwal maka alhasil harus menunggu sehari lagi untuk penerbangan selanjutnya.

Jika menginginkan perjalanan lebih singkat, Anda bisa langsung mengambil rute terbang dari Jakarta ke Berau. Dari Berau Anda akan dijemput dengan menggunakan speed boat dari resort tempat Anda sudah melakukan booking untuk menginap. Jika Anda punya waktu lebih, tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk menginap di hotel Balikpapan dan belanja special oleh-oleh dari daerah Balikpapan.

Biaya yang Harus Disiapkan :

  • Mengambil rute dari Jakarta ke Berau, harga tiket PP berkisar 2 juta sampai dengan 2,4 juta dengan maskapai Sriwijaya Air. Alternatif lain bisa terbang lewat Balikpapan, Balikpapan ke Berau dengan harga tiket berkisar 2 juta PP.
  • Untuk biaya makan di area Pulau Derawan berkisar sekitar Rp. 25.000,- sekali makan.
  • Tak lengkap jika tanpa snorkeling, biaya berkisar Rp. 50.000,- per harinya.
  • Untuk biaya dari Berau ke Pulau Maratua, biasanya Anda akan dijemput langsung oleh resort dimana Anda menginap. Lebih mudahnya memang menggunakan Jasa Paket Tour Derawan yang menyediakan berbagai pilihan tour dan variasi menginap di resort Pulau Maratua dari harga 1,5 juta untuk paket 2 hari 1 malam sampai dengan 3 juta ke atas untuk 2-3 pax tergantung pilihan hotel Anda.

  Apa yang harus Dibawa :

  • Perjalanan ke Pulau Maratua cukup lama, sebaiknya Anda mempersiapkan fisik dan obat anti mabuk jika diperlukan.
  • Wajib dibawa! Perlengkapan untuk berenang, dan sun block untuk kulit cantik Anda.
  • Perlengkapan pribadi
  • Jangan ketinggalan perlengkapan kamera untuk menangkap perfect moment Anda di Pulau Maratua
  • Peralatan komunikasi dan persiapan budget sesuai dengan planning Anda, berapa lama akan tinggal di Pulau Maratua
  • Untuk diving dan snorkeling Anda tinggal datang ke pusat diving center yang menyediakan peralatan lengkap disana.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s